Cara Mengatasi Komputer Hang,Crash,Error Windows

72 views

Cara Mengatasi Komputer Hang,Crash,Error Windows - Kembali Lagi pada Update Postingan Kali ini Info-Kita.net Akan Berbagi Informasi Terbaru Khusus Buat Sobat semua yakninya tentang Cara Mengatasi Komputer Hang,Crash,Error Windows, semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua. Lebih Jelas dan Detail Baca Selengkapnya.

Pada saat anda menyalakan komputer, tiba-tiba anda tidak dapat masuk booting atau ke loading windows. Bagaimana cara mengatasinya? Lalu,saat menjalankan program komputer anda hang, crash, atau muncul pesan error yang sangat membahayakan. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana mengatasi hang up yang terjadi di komputer/laptop kalian.

Saat pertama kali Pc/laptop dinyalakan bisa booting dengan normal/lancar (baik-baik saja) tapi pada saat digunakan atau menggunakan aplikasi tertentu komputer anda sering mengalami hang (Tidak ada respon), tentunya ini sangat menyebalkan bukan? apalagi kalu kita sedang asik mengerjakan tugas dan lupa belum melakukan save. Penyebab dari hang inipun bermacam-macam jenisnya, diantaranya adalah program yang sedang dijalankan berhenti dan tidak merespon sama sekali, Mouse macet, dan keybord tidak berfungsi, dan lain-lain. dan untuk mengatasi hal tersebut maka kita harus tahu dulu penyebabnya. seperti usia hardware, Virus, dan sebagainya.

start task manager

Cara Mengatasi Komputer Not Responding

1. Bila terjadi Hang/crash pada aplikasi yang sedang anda jalankan silahkan Coba tekan Tombol pada Keybord (Ctrl+Alt+Del) secara bersamaan, atau bisa juga dengan klik kanan pada start menu taskbar anda.
Click Start Task Manager . Maka akan muncul "WINDOWS TASK MANAGER".

Dan disini aplikasi yang sedang hang akan di tandai dengan status Not Responding, dan aplikasi yang berjalan sedang normal di tandai dengan status Running. Kemudian silahkan Klik aplikasi yang berstatus NOT RESPONDING tersebut kemudian Tekan tombol END TASK.

2. Bila Proses end task tersebut memakan waktu yang cukup lama dan komputer anda masih belum merespon (hang) maka Restart komputer tersebut dengan cara menekan tombol reset yang ada pada Chasing.

3. Setelah anda me- restart dan komputer bisa kembali berjalan normal silahkan cek aplikasi yang menyebabkan computer hang, bisa anda instal ulang aplikasi TERSEBUT, dan apabila aplikasi itu tidak terlalu penting, sebaiknya di hapus saja (Uninstall).. Lalu Refresh (F5)

4. Pastikan Komputer anda bebas dari Virus.

5. Cobalah anda benahi Koneksi Kabel, dan pastikan Kabel mouse, Keybord sudah terhubung dengan benar. Biasanya kabel mouse atau keybor mengalami kerusakan ( putus didalam ) karena kabel tersebut putus nyambung ini juga bisa menyebabkan Hang/Crash pada komputer anda. atau juga bisa karena kerusakan pada hardware, seperti Harddisk, Vga, motherBord, dll.

6. Jika dari 5 cara diatas tidak berhasil dan komputer/pc anda masih sering mengalami hang, maka cobalah Instal ulang system Operasi anda.

Pada bagian paling bawah task manager, terdapat 3 buah sistematik mengenai program yang berjalan.

  • Processes : Jumlah program dan sistem windows yang berjalan
  • CPU USAGE : Jumlah Central Processing Unit bekerja pada sistem processor. Apabila CPU Usage menjadi 100% maka laptop/komputer anda akan hang.
  • Physical Memory : Jumlah pemakaian sumber daya pada RAM (Random Access Memory). Semakin tinggi nilai RAM kita, maka pekerjaan komputer akan semakin cepat.

Demikianlah Tips atau cara mengatasi Komputer Hang/Crash (Not Responding). dan semoga saja artikel ini bisa benar-benar membantu anda.

Catatan : Untuk Mengunjungi Artikel Asli Silahkan Anda Menuju Link yang ada Dalam Artikel ini

Demikianlah informasi yang dapat Info-Kita.net sampaikan. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terima kasih kepada Sobat Semua yang telah membaca artikel Cara Mengatasi Komputer Hang,Crash,Error Windows